Jumat, 12 Agustus 2016

One Day Trip Jalan - jalan Ke Kota Kediri Asiikkkk

Assalamu'alaikum. Wr. Wb..

Haiiii jumpa lagi bersama edisi One Day Trip nya akuuu ^_^
Kali ini tujuan mainnya bukan lagi ke Malang, kita belok dikit ke Kediri kota Tahu, Yes Kota Kediri.
Kota dengan jumlah penduduk terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang. Main – main kali ini agak sedikit berbeda karena lebih rame dan dengan orang – orang yang berbeda juga nih.

Oke langsung cussss biar ga kelamaan basa basinya.
Oh ya kenalan dulu dong sama cewe cewe cantik yang ada disebelahku ini. Paling kanan ada aku, kemudian yang cantik berkacamata itu Lintang, ditengah yang paling manis ada si intan, disebelahnya ada yang paling bening yaitu Eny dan diujung yang paling imut si feby hahaha
Foto di dedpan Monumen SLG

Mereka  teman main, teman belajar, teman deket sejak jaman sekolah alias jaman SMK. Sekolah 4 tahun sama mereka bareng - bareng terus, jangan ditanya bosen apa tidak, yang jelas bosen banget sama mereka ckckckck. Tapi yah mau gimana lagi, Cuma mereka yang selalu ada, yang selalu ngajak main, maklum lah aku kan bukan cemewew sosialita yang punya banyak teman hahahaha. Mereka bukan lagi teman, uda kayak saudara lah yah, baik buruknya jelek bagusnya uda pada tau deh. Sebenernya kita tidak hanya ber-5 namun ber-8 tapi karena ada sesuatu hal yang membuat ketiga teman kita lainnya ga bisa ikutan main ya sudah deh kita berangkatnya ber-5 aja hehe. Yang bikin aku heran hingga detik ini nih entah kenapa setiap kali kita main kagak perna bisa full team, ada aja yang kurang barang satu atau dua orang huhu yasudalah yaaaaaa…
Cukup sekian ngoceh kesono kemari-nya, yuk kita mulai dongeng di kota Kedirinya, entahlah ini bisa disebut mbolang yang sukses atau gagal tapi yang jelas, kalo hal – hal tak terduga ini tidak terjadi mungkin mbolangnya terkesan datar abisssss hahaha. Memang rencana Tuhan selalu indah, dan buat kalian yang ngebaca, maaf bukan bermaksud riya atau berlebihan, ini cuma sebagai sarana berbagi aja, berbagi kebahagiaan kita salah satunya hehehe :3

Dibelain berangkat pagi buta alias sebelum shubuh dari kota tercinta Surabaya, demi apa? demi bisa main – main ke Kediri. Ketika ditanya milih berangkat pagi apa pulang malam? mereka milihnya berangkat pagi, yah maklum lah cewe baik – baik kagak mau kalo pulangnya malam dikit euy :D

Tiket Thermal KA Ekonomi Penataran Dhoho

Selfie di dalam kereta api

Keberangkatan kita dari Kota Surabaya ke Kota Kediri menggunakan Kereta Api kelas Ekonomi Penataran Dhoho atau biasa disebut dengan KA Rapih Dhoho.  Berangkat menggunakan kereta api pertama pada pukul 04:35 dari Stasiun Surabaya Gubeng (SGU) fyi kalo pesan tiket kereta jangan terlalu dekat sama jadwal keberangkatannya loh ya, apalagi jika kalian pesan untuk weekend day atau hari libur nasional, ga menutup kemungkinan kalian ga bakal dapat tempat duduk. Kayak ceritaku ini nih.

tiket thermal tanpa tempat duduk haha

Mungkin kita masih beruntung karena kita masih dapat tiket dengan tempat duduk ketika berangkat dari Surabaya, namun pulangnya huhuhu jangan ditanya, baca tulisannya aja sudah sedih hikssss (lebay mode on).

Menyambut matahari terbit di dalam kereta dengan hamparan ijo ijo yang adem dipandang mata ini selalu membuat banyak orang terkesima dengan keindahan alam sang pencipta, decak kagum untuk keindahan negriku ini tak pernah  ada habisnya. Senandung suara khas kereta api, stasiun stasiun pemberhentian, hingga lintasan jalur kereta api yang menyimpan ribuan cerita ini patut untuk selalu dikenang dan dirindu oleh siapa saja. Ah sudahah, balik ke topik awal yes ! :D

Finnaly, Selamat datang di Stasiun Kediri…
Kita tiba di Stasiun Kediri pukul 09.26WIB syukurlah tepat waktu hehehe.
Lihatlah jam tua yang selalu identic dengan stasiun Kediri ini, jam legendaris yang menjadi saksi bisu ribuan cerita suka dan duka di stasiun ini entah tentang perjumpaan ataupun  perpisahan.

Jam Tua Stasiun Kediri

Berfoto di Stasiun Kediri

Setelah mengabadikan beberapa moment di Stasiun ini kita sudah siap untuk memulai perjalanan. dan tujuan pertama adalah Simpang Lima Gumul yeeeeeeeee. Awalnya bingung mau kemana ketika keluar dari Stasiun. Kita mengikuti apa kata hati saja deh, berjalan lurus menuju Jl. Stasiun dan memilih belok ke kanan meyusuri Jl. Dhoho.
Jl. Dhoho Kediri

Awalnya kita semua nggak ada yang tahu kalo di luar Stasiun bakal ramai seperti ini, teryata eh ternyata ada Car Free Day toh. Baru inget kalo ini hari Minggu ternyata. Tepatnya ada di Jl. Dhoho, kata orang – orang sih Jl. Dhoho ini kayak Jl. Malioboro kalau di kota Jogja. Yah bener juga sih ya, di kanan kiri jalan dipenuhi pertokoan, banyak juga toko yang berjualan oleh – oleh khas Kediri. Pas kita lagi jalan – jalan cantik di CFD ini kita bertemu sama seorang Bapak – bapak yang ternyata juga orang Surabaya, dan baru sadar juga kalo tadi kita satu kereta dan satu gerbong pula haha yaampuuuun. Beliau seorang diri ke Kediri dan katanya sih mau ke Simpang Lima Gumul dengan berjalan kaki aja kesana, weeeew serius keren abis dah nih bapak. Tapi sayangnya kita ga sempet foto bareng beliau sih.
Ada satu yang menarik perhatian kita di CFD ini, kita menemukan orang yang jualan uang. Nah loh, bingung kan? Haha . jadi ceritanya uang jaman bahula alias uang jaman dulu yang sudah cukup langkah itu sengaja dijual untuk dijadikan koleksi bagi orang – orang penyuka barang antik. Lihat tuh masih ada uang gambar monyet, gambar pak harto, tuh uang mengingatkan aku pada masa kecil dulu hihi.

Car Free Day Kota Kediri

Setelah kita bertanya sana sini sama bapak - bapak polisi yang kebetulan stand by di arena CFD, kita disaranin untuk menunggu angkutan di perempatan kedua setelah Jl. Dhoho. Maafkan aku yang lupa mengingat apa nama jalan itu u,u. Awalnya bingung mau naik apa, begitu ada angkutan lewat langsung dah kita tanya angkutan ini melewati SLG apa kagak dan akhirnyaaa cusssssss Simpang Lima Gumul we are comiiiiiing hahahah

Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri

Cukup membayar 5ribu per-orang saja kita sudah nyampai di depan Monumen Simpang Lima Gumul, Alhamduliillah di mudahkan sama Allah. Ga nyangka aja ternyata kita bisaaaaa. Setelah menemukan spot – spot yang bagus untuk berfoto ria akhirnya rasa lapar datang juga, maklum lah kita belum sarapan yang benar – benar bikin kenyang sejak pagi tadi hihi.

Setelah agak bingung untuk beberapa saat akhirnya kita menemukan pusat kuliner di daerah Simpang Lima Gumul ini, kalo ga salah di area Pasar Tugu deketnya parkiran mobil dan motor, tempatnya ramai disana juga penuh para pedagang baik makanan maupun cenderamata. Setelah mengisi perut dengan semangkuk pangsit bakso yang Cuma 9ribu rupiah saja dan syukurlah lumayan kenyaang hehe akhirnya kita lanjut menuju lorong bawah tanah Simpang Lima Gumul. Lorong ini berdekatan dengan area parkir kendaraan, jadi bagi siapa saja yang mengunjungi tempat ini menggunakan kendaraan, setelah parkir bisa langsung cuss jalan – jalan di lorong bawah tanahnya yang bisa langsung tembus Monumen Simpang Lima Gumulnya.

Selfie di lorong Simpang Lima Gumul

Lorong bawah tanah Simpang Lima Gumul

Disepanjang dinding lorong banyak foto – foto yang menampilkan tempat – tempat wisata di kota Kediri terlebih wisata alam. Mulai dari gambar – gambar air terjun yang ada di kota Kediri hingga gua Selomangleng yang kebetulan juga ada di tengah kota Kediri.

Lorong Simpang Lima Gumul

Simpang Lima Gumul, Kediri

Berhubung kita terikat dengan waktu akhirnya sekitar pukul 11 siang kita memutuskan untuk move dari SLG, cukup puas meskipun sebentar yang penting sudah mengabadikan diri dengan background SLG hehehe.
Nah lucunya di sini nih haha kita berlima ga tau mau naik angkot apa ke tempat selanjutnya, kebetulan kita penasaran sama yang namanya Taman Hammock di Bukit Indah dhoho di daerah Tiron Kecamatan Banyakan, Kediri. Tanya sana sini katanya sih jauh abis, harus naik bis or angkutan ke terminal dulu lalu naik angkutan lagi.

Fyi nih guys, di sekitaran Gumul jarang ada angkutan yang lewat jadi transportasinya agak susah, yah kita mah cuma bekal nekat doing sih hihi. Setelah nunggu agak lama di salah satu persimpangan jalan di SLG, akhirnya ada angkutan yang lewat dan serbuuuu wkkwkwk. Uda tau angkotnya penuh eh masih di desak – desakin sama pak sopirnya haha gila. And then dengan 3 jam waktu yang tersisa kita minta diantar ke terminal untuk lanjut naik angkot or bus ke Bukit dhoho indah. Kalo dipikir – piker nih ya rasanya kagak cukup dah waktunya, tapi entah mengapa tiba – tiba kita berubah haluan ke Goa Selomangleng yang letaknya masih di tengah kota dan ngga terlalu jauh dari stasiun. Untung lah si Bapak angkot mau nganterin ke terminal. eh tapi kok kita diturunin pinggir jalan yak ?! waduh, disuruh oper bemo lain nih wakakakaka padahal kita mintanya diturunin di terminal pak ! wah payah ni orang. Mana kita kagak tau lagi ini jalan apa’an ckck sabarrrrr.
Menunggu angkutan berwarna kuning dengan kode A atau B untuk menuju Gua Selomangleng agak susah untuk hari – hari weekend seperti ini, sedangkan waktu sudah menunjukkan jam 12 siang. Hmmm, waktu kita terbatas sekaliiiiii u,u. Dan lagi – lagi tanpa rencana sebelumnya, kita memtuskan untuk back to stasiun Kediri haha. Nunggu angkutan kelamaan yasudah akhirnya naik becak deh ke stasiun.

Jarak dari tempat kita ini (entahlah saya lupa namanya ) menuju stasiun Kediri sekitar 4-5km an lah. Lumayan lelah juga untuk bapak becaknya. Tapi syukurlah orangnya berbaik hati hehe, berhubung jumlah kita lima orang nih akhirnya kita dibagi menjadi 2 becak. Si Lintang dan Feby sudah berangkat duluan sedangkan aku, Eny dan Intan masih menunggu bapak becak yang lainnya. Becak kagak ada eh adanya bentor. Yasudah cus naik bentor sambal jalan – jalan di kota orang hahaha. Tapi untuk kendaraan sejenis bentor tidak diperbolehkan turun disekitar stasiun Kediri. Entah mengapa, akhirnya kita di turunkan di dekat Jembatan Lama kota Kediri yaa kalo dihitung – hitung jaraknya masih 2 -3 km an lagi dari Stasiun Kediri. Dengan ongkos bentor 15ribu rupiah untuk 3 orang akhirnya kita turun di dekat jembatan Lama dan alhasil, kita memanfaatkan keadaan yang ada hahahaha jepret duluuu sis :D

Jembatan Lama Kota Kediri

Sengaja kita memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke Stasiun Kediri dengan berjalan kaki haha gilaaaaa, mungkin sudah lelah di php sama angkot dan becak kali ya. Menikmati jalalan kota Kediri di siang – siang bolong gini lumayan menguras simpanan air minum kita. But, kita cewe strong broooo. Setelah sekitar 30 menitan menikmati perjalanan dengan sisi kanan dan kiri jalan ialah toko oleh – oleh khas kota Kediri, akhirnya kita sampai juga di Jl. Stasiun. Alhamdulillah.

Sepanjang jalan kenangan wkwkwk

Jl. Stasiun Kota Kediri

Feby dan lintang sudah nyampai duluan di Stasiun dan mereka memilih menunggu kita di Teh Jawa Cafe, sebuah cafe di Stasiun Kediri, hmmm segerrrrrr

Teh Jawa Kafe, Stasiun Kediri

Ketika sudah lengkap berlima akhirnya  kita mencari masjid yang ada disekitaran stasiun Kediri untuk menunaikan sholat Dhuhur dan istirahat barang sebentar sembari menunggu kereta pulang ke Surabaya pukul 14.25 WIB nanti.
Waktu berjalan cepat sekali dan tak terasa sudah pukul 14.00 aja. Wuiihhhh dikebut kalang kabut nih, maklum lah cewe agak rempong dan ribet haha. Lagi – lagi hampir saja kita ketinggalan kereta. Dari masjid (entah saya lupa namanya, yang jelas ada di belakang stasiun Kediri) menuju stasiun kita lariiiii takut ketinggalan kereta ditambah lagi tiket kereta kita bertuliskan tanpa tempat duduk. Duuuuh semoga aja kali ini beruntung nemuin gerbong yang pas. Dan Alhamdulillah kita memang tidak salah gerbong, kalo ga salah waktu itu kita ada di gerbong 3 yaitu gerbong makan hehe. Lumayan lah ada ada satu dua seat yang kosong dan bapak kondektur berbaik hati memberi kita tempat duduk.

KA Ekonomi Rapih Dhoho

Perjalanan pulang tanpa tempat duduk tak se-serem yang kita bayangkan haha. Menikmati keindahan alam dengan sisi kanan dan kiri jendela penuh dengan hamparan ijo ijo serta langit yang mulai memerah menuju senja telah terekam di kepala dan hati kita. Dan ku yakin suatu saat panggilan hati itu akan kembali minta untuk dipenuhi. Semoga saja masih ada waktu dan kesempatan menikmati saat – saat seperti ini bersama orang – orang terkasih. Semoga :3

Dan berikut referensi biaya selama mbolang ke Kediri :
Tiket KA Rapih Dhoho PP : Rp 30.000/per orang
Ongkos Angkot menuju Simpang Lima Gumul : Rp 5.000/ per orang
Makan dan Jajan : 20.000 (tiap orang berbeda – beda)
Ongkos becak dll : 15.000 (kurang lebih segitu)

Dengan biaya yang super murah yakni kurang dari 100 ribu saja, kalian bisa mendapatkan pengalaman berharga tak terlupa. Sejatinya bahagia itu tidak selalu mahal gaisssss. Okedeh cukup sekian cerita gak jelas bikin panas ini. Tunggu apa lagi? Cusss main – main mumpung masih muda tapi tetep ingat kewajiban ya sebagai umatNya hehehe.

Dan lagi – lagi Maafkan jika banyak kata yang kurang berkenan dan belepotan sana sini, maklum lah masih amatiran hehehe. Selamat menikmati perjalanan dengan orang – orang kesayangan. See you mumumu…