Minggu, 29 Mei 2016

Mbolang ke Malang, enak tenan

Assalamu'alaikum. Wr. Wb

Hai hai semuaaa, Long Weekend emang pas dibuat liburan apalagi kalo ada duit dan beneran gaada kegiatan. Ditambah lagi kalo liburannya sama orang – orang tersayang makin seru dong yaaa uhuiii. Eh yang jomblo jangan baper dulu yak, orang – orang tersayang itu ga cuma pacar mblo, tapi bisa juga orang tua, kakak adik, mas mbak, sahabat dan juga teman lho :3 seperti cerita mbolang yang mau tak bagiin ini nih. Cekidot!!!

Tepatnya long weekend awal bulan Mei 2016 kemarin, Libur dimulai dari hari Kamis yang bertepatan dengan Kenaikan Yesus Kristus, kemudian hari Jumat nya merupakan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Nah diikuti hari Sabtu dan Minggu yang merupakan weekend day. Jauh – jauh hari pasti banyak dari kalian yang uda merencanakan liburan untuk long weekend ini, biasanya sih keluar kota, sekedar jalan - jalan di dalam kota aja, ataupun bisa jadi kalian hanya liburan di pulau kapuk alias kasur hahahaha. Dan pastinya tempat – tempat wisata rame banget nih dikujungi wisatawan, kapan lagi ada long weekend kayak gini haha

Aku putuskan mbolang ke Malang bersama seorang temanku , dan lagi – lagi dia adalah Dita. Kita selalu melakukan perjalanan jauh naik Kereta Api dan entah kenapa aku merasa alat transportasi ini paling cocok sama aku, soalnya kereta gak bakal bikin aku mabuk di perjalanan haha, maklum lah agak sedikit payah kalo naik kendaraan lain. Selain itu, naik Kereta Api juga meninggalkan banyak cerita. Mulai dari hiruk pikuk stasiun, berjejal jejalan masuk ke gerbong kereta, tempat duduk diduduki orang lain yang gapunya tiket, sampe keindahan pemandangan di luar  kaca jendela meliputi hamparan pematang sawah yang indah dan ijo royo royo, mata berasa adem dan hati berasa tenang melihatnya, belum lagi kalo kita melintasi jalan raya di kota – kota, para pengemudi kendaran bermotor di balik palang kereta pastinya dengan sabar menunggu kereta kita melintas dan kadang tak luput juga dari pandangan, kita bisa melihat anak – anak kecil yang sekedar say hello ke arah kereta api sambil berkata “Dadaaahh” dan melambai – lambaikan tangannya. Cerita tentang Kereta Api memang tak ada habisnya, entahlah <3

Dan Kereta Api pilihan Kita berdua adalah KA Eksekutif ” Bima” yeeey. Sekedar saran nih ya, kalo mau pergi naik Kereta Api pas long weekend ada baiknya jika memesan tiket kereta seminggu sebelum keberangkatan. Kadang pun, seminggu sebelum keberangkatan juga uda banyak kursi yang terisi. Hiks sadissss kereta apinya laris manis haha. Berhubung tiket KA Bima untuk kebrangkatan di hari Kamis dan Jumat yang bertepatan dengan hari libur nasional sudah full jadi kita memutuskan untuk berangkat hari Sabtu pagi dan untunglah masih ada beberapa kursi kosong.

KA Bima merupakan Kereta Eksekutif dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Surabaya Gubeng lalu menuju Stasiun Kota Baru Malang. Jam keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng menuju Malang ialah pukul 06:20WIB pagi dan tiba di Stasiun Kota Baru Malang pukul 08:10 WIB.

Btw mengapa kita lebih memilih KA Bima???  padahal biasanya kalo dari Surabaya ke Malang orang – orang biasa naik kereta ekonomi Penataran Dhoho jurusan Surabaya - Malang – Blitar. Yang menjadi alasan kita naik kereta ini karena jam keberangkatannya ga terlalu pagi dan pas buat kita, jadi buat kalian gabisa berangkat terlalu pagi tenang aja, kereta ini berangkatnya ga jam setengah lima pagi kayak kereta pertama KA Penataran dhoho.  Alasan yang kedua, karena kita pingin cepet nyampe Malang biar ga terlalu siang dan punya banyak waktu buat mbolang soalnya kereta ini ga terlalu sering berhenti kayak kerta ekonomi hehehe, dan yang ketiga karena kita memang  pingin nyoba naik Kereta kelas Eksekutif dengan harga yang lumayan lah ga terlalu mahal hihihi harga tiket dari St. Surabaya Gubeng ke St. Kota Baru Malang hanya 40ribu aja loh. Oh ya kita kemarin pesan tiketnya online karena loketnya antri bangetttt, kalo kita pesan tiket online biasanya dapa diskon. coba lihat tuh gambar tiketnya.

tiket kereta kita nih

Berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng (SGU)
Selfie di dalam kereta wkwk
Yeey Sekitar Pukul 08.15 akhirnya kita nyampe Malang juga niiih, foto dulu sama KA Bima
With KA Bima :)

Setelah nyampe Malang, tujuan awal kita yaitu capcus ke Alun – alun Batu. Penasaran kita kesana naik apa? Hahaha kita mbolang naik bemoooooo. Yang harus kalian ingat sebelum naik angkot harus dan wajib bertanya loh yaa untuk menghindari kalian nyasar hehehe.

Jadi, di depan Stasiun Kota Baru Malang uda banyak angkutan yang siap mengantar kita kemana aje, mulai dari ojek, becak, bemo hingga taxi. Perlu diketahui semua angkutan di Malang ini berwarna Biru dan yang membedakan hanyalah Kode hurufnya aja. Berhubung kita mau ke Batu jadi kita harus naik angkot sebanyak 2 kali. Pertama dari Stasiun Kota Baru Malang kita naik angkot warna biru yang ada tulisannya ADL, ADL sendiri singkatan dari (Arjosari, Dinoyo , Landungsari) kita juga bisa naik angkot yang betuliskan AL ( Arjosari Landungsari) Cuma kata kebanyakan orang rute nya agak beda karena bemo AL ini melewati jalan – jalan kecil alias jalan –jalan tikus jadi butuh waktu agak lama, kalo ADL umumnya melewati jalan – jalan besar, melewati kampus kampus di kota Malang seperti Universitas Brawijaya. Setelah sekitar 30 menit perjalanan akhirnya pemberhentian terakhir angkot ini ada di Terminal Landungsari, oh ya ongkos buat naik angkot ini Cuma 4ribu rupiah sajooo

Kita Sudah sampai di Terminal Landungsari, dan turun dari bemo ADL. banyak bemo berjejeran menunggu penumpang
Terminal Landungsari

Dari terminal Landungsari kita meneruskan perjalanan pindah ke angkot berwarna pink dengan kode BL alias Batu-Landungsari. Perjalanannya agak lebih panjang ketimbang naik angkot ADL tadi, saking lamanya kita ada di dalam angkot sampe ngantuk ngantuk hihi secara semilir angin kota Malang sejuuuk banget haha. Sepanjang perjalanan naik angkot ini kita melewati Sengkaleng kemudian kita juga melewati Universitas Muhammadiyah Malang dengan masjid yang MashaAllah bagusnya.

Angkot BL berwarna Pink

Lagi di dalam Angkot BL menuju Batu

Sekitar 45 menit akhirnya kita sampe juga di terminal Batu dengan ongkos angkot Cuma 3 ribu rupiah, busetttt murah abis daah.

Eitss perjalanan mbolang kita belum sampai nih, kita masih harus melanjutkan perjalanan sekitar 10 menit menuju Alun – Alun Batu, jadi kita harus pindah angkot berwarna hijau yang menuju songgoriti ini.

Angkot hijau dari Terminal Batu menuju Alun - alun Batu

Fyi, terminal Batu ini langsung berhadapan dengan pasar Batu loh. Jadi buat yang suka belanja, mampir – mampir bentar gapapa lah yah. Kemudian capcus naik angkot hijau tadi dengan ongkos 4ribu rupiah, dan akhirnya taraaaaaaaa Bianglala sudah di depan mata hihihi  senengnyaaaa.

Bianglala Alun - Alun Batu

Icon Buah Apel Alun -  Alun Batu

Tujuan pertama kita sampai ke Alun – Alun Batu ialah naik bianglala, dan kita beruntung karena bianglala nya sedang beroperasi. Ketika uda antri di depan loketnya , ternyata eh ternyataaa mbak – mbak loketnya bilang bianglalanya istirahat dulu karena uda jam 11 siang, dan kembali breoperasi sekitar 12.30 alias sesudah sholat dhuhur dan istirahat. Yah sedih deh gagal naik bianglala hiks. Tapi itu ga menyurutkan niat kita untuk menunggu sampai si bianglala kembali broperasi, sambil menunggu bianglala kita mengisi waktu dengan selfi selfi haha.

Selfie selfie

Sudah cukup mengabadikan Alun - Alun Batu akhirnya kita milih “njajan” dulu. Di sekitaran Alun – Alun Batu bayak sekali ditemui para penjual makanan. Sayangnya kita ga sempat mengabadikan hiruk pikuk para penjual nih,di Alun – alun  Batu ada yang menarik nih, banyak penjual berdagang sempol dan mereka saling berjajar, bikin pengunjung kebingungan mau pilih yang mana hihi. Sempol sejenis pentol tapi digoreng, entahlah aku belum pernah nyoba dan nyesel kenapa ga nyoba padahal sama si Dita uda ditawarain huhu. Akhirnya, setelah makan siang dengan menu soto babat akhirnya kita memutuskan untuk sholat dulu. Di sebrang Alun – Alun Batu ada masjid Agung An-Nur yang cukup besar dan indah.

Masjid Agung An - Nur  Batu, Malang

Depan loket Bianglala Batu, Malang

Nih sekedar info buat yang mau naik Bianglala biar ga ketipu sama jadwal operasinya.

Finally, taraaaaa setelah pukul 12.30 kita sudah ada di dalam bianglala hihi bahagia itu ga harus mewah, hal – hal sederhana kayak gini sudah cukup membahagiakan loh :3

Pemandangan kota Batu dari atas Bianglala, photo by Dita
Selfie di dalam Bianglala

Akhirnya keturutan juga naik bianglala, karena salah satu tujuan kita ke Malang ya untuk naik Bianglala itu tuh. Sebenarnya kurang puas kalo hanya naik satu putaran aja. Pingin nambah tiket dan naik lagi eh ternyata antriannya sudah panjaang sekaliiii, padahal belum ada 10 menit dibuka.

Oke kita sekarang akan melanjutkan perjalanan ke Selecta nih, berhubung dari Alun – Alun Batu ke Selecta jaraknya sekitar 6km dan susah angkot, aku sendiri pun ga tau harus naik angkot apa akhirnya kita memutuskan untuk naik ojek dengan tariff 35 ribu untuk aku dan Dita, jadi kita berdua dibonceng jadi satu sama bapak ojeknya.

Sebenarnya jika ingin naik angkot menuju selecta bisa. Jadi dari Terminal Batu tadi naik angkot berwarna Oranye menuju Selecta dan langsung turun di depan Selecta. Nah berhubung kita tadi mampir ke alun – alun Batu jadi kita memilih naik ojek.

Sekitar 15 – 20 menit kita sudah sampai di lokasi. Dengan tiket masuk sebesar 25 Ribu perorangan. Dan lihat nih foto - foto kita sewaktu di Selecta.

Selamat Datang di Taman Rekreasi Selecta

Kolam Renang Selecta

Foto - foto narsis di Selecta

Selecta, Batu Malang

Ternyata cuaca tak bersahabat, belum ada satu jam kita menikmati keindahan alamnya Selecta eh ternyata turun hujan, untungnya si Dita bawa payung, jadi lumayan lah yaaa ga basah – basah amat hehehe. Akhirnya kita memutuskan berteduh di masjidnya sembari menunggu sholat ashar.

Sesudah sholat ashar dan hujan lumayan reda akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke Malang dan waktunya kulineran disana. Untuk perjalanan pulang kembali ke Malang ini, angkot yang kita naiki pun juga sama. Berhubung ini long weekend dan ternyata jika libur panjang gini malah susah di temui angkot berwarna oranye disekitar Selecta. Kita ditawarin untuk naik ojek oleh seorang bapak – bapak dengan harga 10rb hingga pertigaan depan untuk 2 orang, karena disana baru ada angkotnya. Setelah turun dari ojek dan kebetulan ada angkot oranye lewat, tanpa menunggu kita langsung aja naik dan diantar menuju terminal Batu. Ongkos angkot berwarna oranye dengan tujuan selecta - Terminal Batu ini dihargai  6 ribu perorangan, agak mahal dikit karena mungkin tujuannnya adalah tempat wisata

Ditengah perjalanan sebelum sampai terminal Batu, kita sudah ketemu sama angkot BL (Batu – Landungsari) berwarna pink. Pak sopir nawarin kita untuk melanjutkan perjalanan naik angkot itu  ketimbang harus ke Terminal Batu dan memakan waktu. . Setelah berganti naik angkot BL ini, kita langsung menuju terminal Landungsari. Menikmati kota Malang di dalam angkot seperti ini adalah kesempatan langkah dan pengalaman yang mahal bagi kami. Meskipun sederhana namun sungguh berkesan, kalian harus nyoba kapan – kapan guys mumpung masih mudaaaaa. Lagi – lagi semilir angin membuat kita ngantuk di dalam angkot hehehe.

Dengan ongkos sebesar 4ribu rupiah perorang akhirnya kita sampai juga di depan Terminal Landungsari dan ternyata  uda ada bemo ADL yang siap berangkat menuju Stasiun Kota Baru Malang, langsung deh kita naik dan setelah 30menit perjalanan menuju Stasiun kota Baru Malang akhirnya kita sampe jugaaa. Alhamdulillah terima kasih sudah dimudahkan YaAllah :")

Hari sudah sore selanjutnya kita naik becak dari depan Stasiun ke sebuah tempat kuliner yang menurut Dita enaak, haha nurut aja deh. Lokasinya ada di Jln Mundu, sebuah tempat makan yang di dalamnya mayoritas sering dikunjungi oleh muda mudi kota Malang. Kita sengaja minta buat bapak becaknya nungguin kita jadi ntar baliknya naik becak lagi dah. Dan sekarang kita lagi ada di Baegopa dan memesan menu ini nih, lihat sendiri dah. Asli huwenak dan bikin kenyaaang. Harga makanannya sekitar 35ribuan. Untuk minumnya sengaja kita pesan langsung satu Teko biar lebih irit. Harganya sekitar 14ribuan.

Menu makanan di Baegopa
Setelah sholat maghrib dan kenyaaang di Baegopa kita cussss minta antar pak becak ke tujuan terakhir kita nih yaitu Alun – Alun Malang yang sebrangnya bertepatan dengan Masjid Jami’. Masjid Jami’ terlihat semakin indah di malam hari dengan gemerlap lampu – lampunya. Malam itu Alun – alun Malang begitu ramai, dan aku yakin banyak dari mereka yang juga wisatawan dari luar kota. Di Alun – alun Malang juga terdapat air mancur yang memiliki lampu dengan warna – warni yang apik. Mungkin jika ke Alun – alun pada sore atau siang hari, kita bisa melihat dengan jelas keindahan alun – alun ini, karena ketika malam hari agak gelap jadi kurang bisa menikmati ditambah banyak sekali pengunjung yang bikin Alun – alun begitu penuh dengan orang hehe karena memang bertepatan dengan long weekend.

foto berlatar belakang Masjid Agung Jami' Malang

Air Mancur Alun - Alun Kota Malang

Alun - Alun kota Malang

Alun - Alun Kota Malang

Setelah puasss keliling dan foto – foto tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 19.15 sedangkan jadwal keberangkatan kereta kita pulang ke Surabaya adalah pukul 20.00 WIB jadi kita putuskan untuk menyudahi mbolang indah kita dan waktunya PULAAANG ;))

kembali pulang, Stasiun Kota Baru Malang di malam hari

Berdasarkan pengalamanku ini perlu tak kasih tau ya, untuk ongkos becak seharusnya sebelum naik harus dipastikan dulu berapa tarif becak yang disepakati untuk menghindari adanya pembengkakan biaya baecak nya hehehe. Berdasarkan pengalaman, becak yang aku naiki ini gatau sih mahal ato kagak yang jelas orangnya minta ongkos 70ribu hehehe (ketawanya ga enak, soalnya ongkos becaknya mehong) wkwkwk

Oh ya kita pesan tiket Kereta untuk pulang ini juga seminggu sebelum kebrangkatan dan kita pesannya di Surabaya. Kita memilih jadwal  kereta Ekonomi AC Penataran Dhoho Malang Blitar ini paling akhir yaitu pukul 20.00 WIB berangkat dari St. Kota Baru Malang, supaya bisa puas mbolangnya dan Alhamdulillah kesampaian juga nih. Harga tiket ekonomi ini dari Malang menuju Surabaya hanya 12ribu saja.

Btw ada satu yang belum kesampaian nih, kita belum sempat kulineran makan es krim di tempat legendaris Toko Oen. Karena terbatasnya waktu huhuhu suatu saat pasti bakal bisa kesana deh hihihi. Perjalanan malam menggunakan KA Penataran berjalan dengan lancar, namun yang seharusnya tiba pukul 22.20WIB di Stasiun Surabaya Gubeng  eeeh ternyata lah kok nyampe Surabaya Gubeng jam 23.00 WIB. Maklum lah, namanya juga kereta, nelat – nelat dikit gapapa lah ya asal selamat sampai tujuan hehehe.

KA Penataran Surabaya - Malang - Blitar
Sampai di Stasiun Surabaya Gubeng
Ini nih rincian biaya selama di Malang, semoga bisa menjadi Referensi Biaya Perjalanan hehe
Tiket Kereta KA Bima Rp 40.000,-
Tiket masuk Selecta Rp 25.000,-
Becak Rp 35.000
Total sekitar Rp 160.000 – 170.000 per orang
Kalo ditambah biaya Kulineran beda lagi ya hehe, karena menyesuaikan kebutuhan masing – masing.

And finally thank you so much Malang. Gaada kata nyesel buat main – main ke Malang lagi.
Gaada kata kapok buat mbolang lagi, yang ada malah rasa penasaran yang harus di jawab dan perjalanan panjang terbayarkan dengan kepuasan hati yang di dapat. Dimanapun dan dengan siapapun itu, perjalanan selalu mempunyai kenangan. Sekian episode melancong singkat ke Kota Malang, maaf jika banyak kata belepotan sana sini maklum karena manusia memang tempatnya salah hehehe.
Dan selamat menikmati perjalanan anda dengan orang – orang tersayang. See you mumumu