Jumat, 08 April 2016

Wisata kampung Nelayan di Kota Pahlawan #BulakFest2016




Tema : Kampung Nelayan Bulak sebagai Kampung Wisata Kota Surabaya

Judul : Wisata kampung Nelayan di Kota Pahlawan

Jika anda berkunjung ke kota Surabaya untuk berlibur atau sekedar melewati kota ini, tidak ada salahnya jika anda mengunjungi perkampungan nelayan di Kecamatan Bulak, tepatnya di pesisir kota Surabaya bagian Utara. Disana mayoritas penduduknya adalah nelayan. Anda akan disuguhkan pemandangan kapal – kapal nelayan disekitar pantai Kenjeran. Dengan menikmati keindahan pesisir Surabaya di perkampungan Bulak, anda juga bisa melihat pemandangan megahnya Jembatan Suramadu dari kampung nelayan Bulak ini. 
Gambar menikmati pesisir pantai 
Dokumen Pribadi (09/04/16)

 

 Gambar Perahu bersandar 
Dokumen Pribadi (09/04/16)

 
Gambar pesisir pantai pada petang hari, 
nampak lampu - lampu Jembatan Suramadu dari kejauhan
Dokumen Pribadi (05/04/16) 

 Gambar Sunrise Of Bulak
Dokumen Pribadi (09/04/16)

Ibu Walikota Tri Rismaharini yang di dukung penuh oleh warga Kecamatan Bulak mengadakan sebuah acara yang patut diacungi jempol, yaitu BulakFest2016. Acara ini diadakan di kampung Nelayan Bulak, sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan kepada dunia luar bahwa kota Surabaya tidak hanya mempunyai gedung – gedung pencakar langit, tetapi juga mempunyai kampung nelayan di Pesisir Pantai Kenjeran yang sayang sekali jika tidak di ekspos. Keindahan pesisir Surabaya ini bertambah jika anda menikmatinya di pagi hari. Bagaimana tidak, dengan pemandangan Sunrise Of Bulak, mata anda akan dimanjakan oleh pemandangan matahari terbit yang begitu indah dan menghangatkan. Selain itu anda juga bisa melihat berbagai aktivitas nelayan yang pulang melaut di pagi hari. Dalam rangkaian acara BulakFest2016 ini, Walikota Surabaya juga mempekenalkan Sentra Ikan Bulak (SIB) dimana tempat ini nantinya akan digunakan para warga Kecamatan Bulak untuk menjual ikan hasil tangkapan mereka yang dilengkapi dengan tempat pengasapan ikan. Jika dulu tempat pengasapan ikan masih jauh dari kata rapi, kini wajah baru tempat pengasapan ikan sekaligus tempat penjualan ikan warga Kecamatan Bulak menjadi lebih tertata dan apik. Jadi untuk para wisatawan yang berwisata ke kampung nelayan Bulak, jangan pernah khawatir untuk kesusahan mencari makanan ataupun cendramata. Karena di Sentra Ikan Bulak ini selain menjual ikan hasil tangkapan para nelayan, juga terdapat berbagai macam kuliner olahan ikan. Dan tidak ketinggalan  cenderamata dan hiasan kerang – kerangan yang merupakan kerajian asli dari warga kampung nelayan Bulak.
Gambar penunjuk arah Pusat Pengasapan Ikan
Dokumen Pribadi (09/04/16)

 
Gambar penunjuk arah Pusat Pengasapan Ikan dan Taman Bulak Shelter
Dokumen Pribadi (09/04/16) 
 Gambar wajah lama tempat pengasapan ikan kampung Bulak
Dokumen Pribadi (09/04/16)

Gambar wajah baru tempat pengasapan ikan kampung Bulak
Dokumen Pribadi (05/04/16)
 
Dini (21th) warga pendatang di Surabaya berharap semoga dengan adanya Sentra Ikan Bulak (SIB) yang baru ini, menjadikan kampung nelayan Bulak menjadi lebih tertata rapi dan jauh dari kesan kurang bersih. Karena memang tujuan pembanguan Sentra Ikan Bulak sendiri untuk memperbaiki kondisi lingkungan kampung nelayan Bulak tersebut.
Gambar wawancara dengan narasumber 1
 Lokasi di Taman Shelter Bulak
Dokumen Pribadi(05/04/16)

Sedangkan Amin (26th) yang merupakan warga asli Kecamatan Bulak berharap, semoga kampung nelayan Bulak ini tidak hanya ramai jika ada acara – acara tertentu seperti BulakFest2016. Yang di khawatirkan jika setelah acara tersebut berakhir, maka kondisi kampung nelayan kembali sepi. Jadi untuk meramaikan kampung nelayan Bulak, tidak ada salahnya jika anda mengunjungi tempat wisata tersebut. Apalagi jika hari libur tiba ataupun weekend. Berwisata di pesisir Surabaya mungkin menjadi alternative yang pas. Karena jarang sekali ditemukan pantai yang memiliki fasilitas penjualan dan pengasapan ikan seperti kampung wisata Bulak ini di kota – kota besar lainnya.
 
Gambar wawancara dengan narasumber 2
 Lokasi di Sentra Ikan Bulak (SIB) lantai 1
Dokumen Pribadi(05/04/16)

Yang harus anda ketahui, jika anda berwisata di kampung nelayan Bulak ini anda tidak akan merasakan bosan, karena anda juga bisa menikmati wisata terbaru kota Surabaya lainnya yaitu Jembatan Air Mancur Menari yang segera diresmikan oleh Walikota Surabaya. Letak Jembatan Air Mancur Menari ini pun sangat berdekatan dengan pesisir pantai. Jadi ketika anda berjalan – jalan di Jembatan Air Mancur Menari ini, anda juga bisa sekaligus menikmati pemandangan laut lepas dan lenggak – lenggok kapal nelayan di tengah lautan.
 
 Gambar Jembatan Kenjeran dan Air Mancur Menari
Dokumen Pribadi (09/04/16)

Gambar jalanan Kecamatan Bulak dekat pesisir pantai
Dokumen pribadi (09/04/16)


Meskipun liburan ini sangat sederhana dan murah, tetapi akan menjadi liburan yang indah dan tak terlupakan untuk anda sekeluarga. Jadi tunggu apalagi, Yuk segera jawab rasa penasaran anda dengan berkunjung ke Kampung Nelayan Bulak di Surabaya.


 
Selamat datang di BulakFest2016
Dokumen Pribadi (09/04/16)















4 komentar:

  1. Kayanya menarik .__. itu tapi bulakfest adanya tiap bulan apa ya, kak? :D kesananya bisakah ngangkot?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak, untuk sentra ikan bulak sendiri sejenis tempat penjualan pengasapan ikan sekaligus penjualan ikan di pesisir pantai kenjerannya. ada yang terbaru nih di kawasan bulak - kenjeran yakni jembatan air mancur menari dengan nyala lampu warna - warni. untuk angkot sendiri saya rasa bisa naik angkot lyn R dari joyoboyo. tp jika dr joyoboyo tidak ada, bisa naik lyn F dulu turun perempatan kaliondo lanjut angkot lyn R menuju tempat wisata di kenjeran tsb kak. angkot inshaAllah banyak karena kita kota besar hehe

      Hapus
    2. hemm gitu ya. sumpah kayanya menarik. semoga ada waktu ke sana. makasi ya infonya :-D

      Hapus
    3. sempetin main - main ke Surabaya kak, explore Surabaya gitu hehehe

      Hapus