Jumat, 08 April 2016

Kecantikan tersembunyi dari Pesisir Surabaya #BulakFest2016




Tema : Bulak sebagai destinasi masa depan kota Surabaya

Judul : Kecantikan tersembunyi dari Pesisir Surabaya
 
Surabaya merupakan kota besar padat penduduk yang didalamnya memliki potensi sumber daya manusia yang luar biasa. Dimana banyak dijumpai para pelajar dan mahasiswa dari Surabaya yang memiliki prestasi dengan ide – ide kreatif yang luar biasa hingga ke tingkat Nasional. Disamping Sumber daya manusia yang luar biasa, wilayah Surabaya yang merupakan salah satu kota besar di Indonesia memiliki banyak potensi wisata yang seharusnya cukup diperhitungkan. Mengapa tidak? Karena sayang sekali rasanya jika wilayah seluas Surabaya tidak dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin untuk dijadikan tempat – tempat wisata yang dapat membuat kota Surabaya menjadi lebih maju dan dikunjungi para wisatawan baik wisatawan domestic maupun mancanegara.

Sebenarnya banyak tempat – tempat di pinggiran kota Surabaya yang memiliki potensi luar biasa untuk dijadikan tempat wisata. Setelah Walikota Surabaya Ibu Tri Rismaharini sukses meresmikan tempat bermain yang dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan seru dengan fasilitas yang bermacam – macam pada tahun 2014 lalu di perbatasan Surabaya – Sidoarjo, kini Walikota Surabaya kembali membuat decak kagum para masyarakat Surabaya dengan menyulap Kecamatan Bulak menjadi sebuah perkampungan yang patut dijadikan kampung wisata kota Surabaya. 

Kecamatan Bulak merupakan kecamatan di pesisir  kota Surabaya, dimana sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan. Ikan hasil tangkapan nelayan tersebut biasanya dijual di tempat pengasapan ikan Bulak. Namun kini, melalui program terbarunya yang di dukung penuh oleh warga Kecamatan Bulak, bu Risma  membangun sebuah tempat yang diberi nama Sentra Ikan Bulak (SIB) tempat ini dipergunakan khusus untuk warga Kecamatan Bulak dalam menjual ikan hasil tangkapannya. Tidak hanya ikan yang dijual disana, ada juga berbagai jenis kuliner dan kerupuk – kerupuk ikan. Nah yang tak kalah menarik, berbagai jenis kerajinan tangan dari warga Kecamatan Bulak juga bisa anda temui di Sentra Ikan Bulak (SIB) seperti kerajinan kerang – kerangan, pernak – pernik kerang, dan lain - lain.


Gambar Sentra Ikan Bulak
Sumber : Dokumen Pribadi (05/04/16)


 Gambar Banner petunjuk Sentra Ikan Bulak 
 Sumber : Dokumen Pribadi (05/04/16)
 
 Melalui acara BulakFest2016 ini, Walikota Surabaya ingin menunjukkan kepada masyarakat Surabaya dan juga masyarakat Indonesia bahwa Surabaya memiliki tempat wisata terbaru di pesisir Surabaya. Selain pengunjung bisa menikmati ikan hasil tangkapan para nelayan, kecamatan Bulak juga memiliki beberapa fasilitas lain yang mendukung tempat wisatanya. Adanya Jembatan Kenjeran yang memiliki air mancur menari juga bakal menjadi objek wisata terbaru di Kecamatan Bulak ini, adanya taman Shelter Bulak yang dilengkapi lapangan futsal dan taman bermain anak. Lokasinya dekat dengan Pantai Ria Kenjeran. Selain itu, dari pesisir Bulak ini pemandangan Jembatan Suramadu juga bisa dinikmati bersama keluarga tersayang. Tak hanya itu, Sunrise of Bulak juga menjadi sesuatu yang ditunggu – tunggu jika anda memilih untuk berwisata di pagi hari. Melalui pemandangan matahari terbit dengan suara pantai yang menenangkan, akan membuat liburan anda bersama keluarga menjadi lebih lengkap. Setelah puas menikmati pemandangan Sunrise Of Bulak, anda bisa mulai berburu ikan di Sentra Ikan  Bulak (SIB) sekaligus membeli cenderamata. Jadi di kota sebesar Surabaya yang dipenuhi gedung – gedung tinggi pencakar langit ini anda masih bisa menikmati pemandangan Sunrise of Bulak, di pesisir Surabaya tepatnya di Kecamatan Bulak. 

 Gambar Taman Shelter Bulak
Sumber : Dokumen Pribadi (09/04/16)

Gambar Taman Shelter Bulak malam hari
Dokumen pribadi (05/04/16)

 Gambar Sunrise Of Bulak
Sumber : Dokumen Pribadi (09/04/16)

 Gambar menikmati pesisir Surabaya 
Sumber : Dokumen Pribadi (09/04/16)

 Gambar Jembatan Kenjeran dan air mancur menari
Sumber : Dokumen Pribadi (09/04/16)

Menurut Amir (26th) warga asli Kecamatan Bulak, dia mengaku sangat antusias atas terselenggaranya program BulakFest2016 ini. Sebab dengan adanya program tersebut, menjadikan daerahnya lebih dikenal oleh masyarakat luas. Karena selama ini Kecamatan Bulak masih sepi dan tempat pengasapan ikan yang dulu kurang dibenahi kini tampil menjadi wajah baru yang lebih baik. Menurut pengakuan Amir, warga Kecamatan Bulak tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis untuk menempati lapak – lapak di Sentra Ikan Bulak. Namun sayangnya, untuk warga – warga yang bukan asli Kecamatan Bulak mereka masih belum bisa berdagang di Sentra Ikan Bulak. Karena tempat tersebut di khususkan untuk warga asli Kecamatan Bulak saja.

 Reportase dengan narasumber 1
Lokasi di Sentra Ikan Bulak (SIB) Lantai 1
Dokumen pribadi (05/04/16)

Sedangkan menurut Dini (21th) yang merupakan warga pendatang di Surabaya, program BulakFest2016 ini dapat menjadikan Surabaya lebih kaya akan destinasi wisata, rencananya dia akan mengajak keluarga beserta teman – teman dari daerah asalnya untuk menikmati Sunrise of Bulak dan akan berjalan – jalan di Jembatan Air Mancur Menari jika memang telah resmi dibuka.

 Reportase dengan narasumber 2
Lokasi di Taman Shelter Bulak
Dokumen pribadi (05/04/16)

Dari kedua narasumber diatas, mereka sama sekali tidak menyebutkan adanya sisi negative dari Bulakfest2016 ini. Karena mereka menganggap, jika mendatangkan sisi negative mengapa diadakan acara semacam itu? Jadi bisa disimpulkan bahwa acara BulakFest2016 ini begitu banyak mendatangkan manfaat dari berbagai kalangan, baik orang tua, remaja, maupun anak – anak. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi kecantikan tersembunyi di pesisir Surabaya ini. Jangan biarkan diri anda dihantui rasa penasaran. Segera segera segera lah berwisata, karena Gratiiisssss.

Selamat datang di #BulakFest2016
Dokumen Pribadi (09/04/16)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar